konsep desa online dan internet bersama, yang bisa anda terapkan di desa anda

                                      assalamualaikum wr wb

A.pendahuluan


       halo saya di si membahas tentang konsep desa online untuk menyongsong internet sehat dan internet bersama.

B.latar belakang
       blok saya ini saya buat karena harga paketan internet itu semakin mahal dan juga kita saat menggunakan paketan juga boros dan juga tidak ada manfaatnya sekaligus banyak situs-situs yang tidak baik di dalam internet  yang tersebar luas karena itulah saya ingin membuat desa internet yang menyongsong prinsip internet bersama , dan juga di dalam jaringan internet bersama kita juga akan memblokir situs-situs yang tidak baik bagi anak di bawah umur itulah latar belakangku.

C.tujuan dan fungsi

blok saya kali ini bertujuan untuk menciptakan internet sehat dan menggali potensi masayarakat menggunakan internet.

D.pembahasan
desa yang berbasis internet ya memang asing di telinga kalian tetapi hal itu ada, saat kalian dengar istilah desa internet/online, yang ter bayang  pertamakali adalah seluruh sumberdaya di desa itu dioptimalkan untuk kebutuhan online. warga desa bisa mengakses internet di beberapa titik di desa bahkan bisa semua wilayah bisa online. untuk mendukung konsep desa online ini, jelas sangat di butuhkan  pendukung yang kuat baik dari sumberdaya manusianya (SDM) maupun dari sisi infrastrukturnya.

berikut contoh konsep topologi jaringan sederhana untuk membangun Hotspot di sebuah desa.

A1: balai desa, pusat server desa online, B1,C1,D1 adalah target dusun online.

pada contoh topologi jaringan tersebut, dicontohkan dalam sebuah desa ada 4 dusun. balai desa sebagai pusat kendali pengaturan server dan pengaturan bandwidth internet nya. di sini server membagi resource internet ke 3 dusun yang lain menggunakan teknologi point to point, atau lebih di kenal dengan teknologi antenna grid/disc yang memanfaatkan frekuensi 2,4GHz.

dan yang lebih penting adalah balai desa sudah berlangganan dengan ISP (internet service provider) yang nantinya akan di bagikan ke seluruh masyarakat ddesa di setiap dusun. selain sebagai pembagian resource internet, topologi ini bisa digunakan untuk file server, sehingga perangkat desa yang butuh data-data besar dari server mereka tinggal hanya butuh copy dan paste seperti biasanya. dengan topologi ini masyarakat akan bisa menikmati layanan internet di seluruh wilayah desa yang sudah terpasang hostpot di titik yang sudah ditentukan.

  untuk pembiyayaannya desa cuma di bebani biyaya rutin setiap bulan untuk membayar provider ISP sehingga bisa berhemat untuk berlangganan internet dengan cakupan yang luas. untuk penyiapan insfrastruktur, tentunya akan dibebankan terhadap anggaran dana desa (ADD) yang sudah dimusyawarahkan dengan pemangku kebijakan di desa.

desa online ini bisa dikembangkan manfaatnya ke berbagai kegiatan, antara lain:

  •      pembentukan kelompok informasi masyarakat (KIM) yang akan memberi informasi sekitar potensi desa dan kegiatan-kegiatan di desanya
  •     pelayanan publik berbasis IT, dimana setiap masyarakat dalam pengurusan  administrasi desa cukup dengan memanfaatkan layanan online/web atau jaringan lokal (internet).
  •     bisa memulai gerakan desa melek informasi, warga yang selama ini tau informasi dari masyarakat, buku, sekarang bisa berkembang dengan pemanfaatan browsing di internet.
  •     pembentukan pusat-pusat kegiatan masyarakat yang berbasis IT, taman baca masyarakat berbasis IT, gapoktan (gabungan kelompok tani) melek IT, pemuda mandiri dengan IT. dan lain-lain.
  •     memiliki website desa (WebDes) yang dikelola oleh kelompok informasi masyarakat (KIM) atau kelompok masyarakat lainnya, yang akan  mengangkat potensi lokal di dunia maya sehingga akan cenderung menaikkan kehidupan ekonomi masyarakat desa.

di balik kebaikan pasti ada kejelekan, kejelekannya adalah situs-situs yang tidak mendidik pasti ada di  dalam internet tersebut dan cara penanggulangannya adalah dengan cara memblokir situs- situs yang tidak baik  melalui server.

itulah konsep sederhana topologi desa online dan semoga bisa di terapkan di desa kalian semua karena sangat bermanfaat

E.kesimpulan

kesimpulannya adalah internet akan baik jika di gunakan dengan baik atau dengan bijak.
F.refrensi

http://www.rtikbojonegoro.or.id/konsep-sederhana-membangun-desa-online-dan-manfaatnya/

G.penutup
        terimkasih telah mau berkunjung di blok saya yang sangat sederhana ini dan semoga postingan saya ini bisa bermanfaat bagi kalian semua walaupun baru konsep. sekian dari saya

                                                   Wassalamualaikum wr wb

Posting Komentar

0 Komentar