PENYELARASAN KURIKULUM SMK DAN DUNIA KERJA (DUNIA USAHA/INDUSTRI)

 
                                              asalammualaikum wr wb




hari ini adalah hari pertama saya di blc telkom kelaten dan yang saya akan bahas sekarang adalah tentang penyelarasan kurikulum smk dan dunia kerja (dunia kerja / industri)




                                        Temuan Di Lapangan Tentang SDM
   - rapuh dalam pengetahuan dan teknologi
   -Rendah kreativitas
   -Cenderung tidak efisien
   -Kurang gigih dan tidak konsisten
   -Tidak dapat menghargai waktu
   -Tidak dapat menghargai orang lain
   -Lemah dalam semangat team, dan
   - Kurang tanggung jawab dan kurang kredibilitas

1. Kurang percaya diri, kurang santun, sulit bekerja dalam tim, kurang kreatif/berkreasi menyimpang; 2. Kurang bisa berkomunikasi secara baik, kurang imajinasi, kurang kemampuan memimpin;
3. Cengeng, boros, kurang gigih, sulit memberi solusi dalam keadaan yang rumit, dan
4. Bangga menjadi pemakai, bukan menjadi penghasil teknologi.

                                           DIMENSI KETIDAKSELARASAN

1. Kualitas (keahlian/kompetensi/ kualifikasi);
2. Kuantitas/Berapa (proporsi);
3. Lokasi/Di mana (distribusi), dan
4. Waktu.

-Pendidikan menengah berbentuk SMA/MA dan SMK/MAK. (UU Nomor 20 Tahun 2013, Pasal 18 ayat [3])
-Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. (Nomor 20 Tahun 2013, Penjelasan Pasal 15)

                                     PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN

Menghasilkan lulusan yang mampu:
      -

     - Bekerja,
     -Mengembangkan Diri/
     - Melanjutkan, dan
     -Wirausaha

sesuai dengan kompetensi keahlian.

                                                          ciri pendidikan kejuruan
-Terutama diarahkan untuk menyiapkan peserta didik memasuki lapangan kerja (Produktif).
-Didasarkan atas demand-market driven (kebutuhan dunia kerja).
-Fokus pada penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap-nilai yang dibutuhkan oleh dunia         kerja.
-Penilaian taat asas terhadap kesuksesan peserta didik pada hands on atau performa di dunia kerja.
-Hubungan erat dengan dunia kerja merupakan kunci sukses pendidikan kejuruan.
-Responsif dan antisipatif terhadap kemajuan teknologi.
-Lebih ditekankan pada learning by doing dan hands on experience.

Peran Masyarakat (DU/DI)
1. Perseorangan, kelompok, keluarga, organisasi profesi, pengusaha, dan organisasi kemasyarakatan        dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu pelayanan pendidikan.
2. Sebagai sumber, pelaksana, dan pengguna hasil pendidikan.
3. Peningkatan mutu pelayanan pendidikan: perencanaan, pengawasan, dan evaluasi program                  pendidikan melalui dewan pendidikan dan komite sekolah/madrasah.

PENINGKATAN KESELARASAN


1. Pemberdayaan Wadah Kemitraan DU/DI.
2. Re-engineering Spektrum Keahlian PMK dan Kurikulum SMK.
3. Pemutakhiran Standar Kompetensi Kehlian Kejuruan.
4. Penguatan Pendidikan Kewirausahaan.
5. Pengembangan Teaching Factory.
6. Uji Kompetensi melalui LSP-P1.

                         WADAH KEMITRAAN PERAN-SERTA DUNIA KERJA (DU/DI)

                                                                       pengertian
     Wadah konsultasi, kerja sama, dan koordinasi yang keanggotaannya terdiri atas unsur masyarakat (DU/DI) dan pemerintah dalam rangka berperan-serta memelihara, menumbuhkan, meningkatkan dan mengembangkan pendidikan menengah kejuruan.

                                                                        Tujuan
Mengorganisasikan kegiatan konsultasi, kerja sama dan koordinasi sebagai wujud nyata peran serta masyarakat dalam membantu upaya peningkatan mutu SMK.

                      WADAH KEMITRAAN PERAN-SERTA DUNIA KERJA (DU/DI)

Peran
1. Mengajukan saran/pertimbangan kepada pemerintah tentang kebijakan, strategi, dan program              pendidikan dan pelatihan pada SMK.
2. Mengefektifkan dan mendorong kerja sama antara dunia usaha/industri dan lembaga-lembaga              pendidikan dan pelatihan serta pihak-pihak lain yang terkait dalam perencanaan, pelaksanaan, dan      penilaian program pendidikan pada SMK.



Posting Komentar

0 Komentar