pengertian FTP (FILE TRANSFER PROTOKOL) beserta fungsinya....???

                                           Asalamualaikum wr wb
pendahuluan
  halo semua ketemu saya lagi nih jangan bosan-bosan ya untuk datang ke blok saya yang sederhana ini, sekarang ini saya ingin shering mengenai yang saya pelajari tadi yaitu mengenai FTP (file transfer protocol ), pembahasan mengenai ftp akan saya bahas di pembahasan.

Tujuan
memahami FTP dari mulai pengertian sampai cara kerjanya

latar belakang
 karena saya belum faham mengenai ftp jadi saya mempelajarinya

pembahasan

pengertian FTP (FILE TRANSFER PROTOKOL) beserta fungsinya....???

ftp singkatan dari ( file transfer protocol ) adalah sebuah protokol internet yang betjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.

FTP merupakan salah satu protokol internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunkan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan ( download ) dan penggunaan ( upload ) berkas-berkas komputer antara kline FTP dan server FTP . sebuah kline FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah -perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah windows service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespon perintah- perintah dari sebuah kline ftp . perintah-pwerintah FTP dapat di gunakan untuk mengunggah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII , menggunggah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP .

sebuah server diakses dengan menggunakan universal resource indentifer (URL) dengan menggunakan format ftp://namasever. kline ftp dapat menghubungi server FTP dengan membuka URL tersebut.

cara kerja protokol FTP

FTP menggunakan protokol transmisson control protocol (TCP) untuk komunikasi data antara kline dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah kline FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur ( control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara kline dan server, (2) untuk mengizinkan kline untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. sekali koneksi kontrol telah disebut, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan kline untuk mentransfer data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan pengunggahan.

FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakin menggunakan username dan password yang dikirimkan dalam bentuk tidak terenkripsi. pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan men-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direkektori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login, yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail.

FTP menggunakan protokol transmission control protocol (TCP) untuk komunikasi data antara kline dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan di buatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. sebelum membut koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah kline FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan kline untuk mengirimkan sebuah printah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan kline untuk mentransfer data aktual yang sedang di pertukarkan saat melakukan pengunduhan dan pengunggahan. jadi port 21 untuk pemberian perintah dan port 20 untuk proses transfer data file.


kesimpuland

jadi FTP merupakan protokol yang digunakan untuk keperluan transfer/ tukar -menukar data antara komputer (client dan server), di mana dengan adanya FTP, kita bisa melakukan upload dan download file dengan mudah. FTP memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dalam hal melakukan pertukaran data. meskipun begitu, sampai saat ini masih banyak orang yang menggunakan FTP karena dianggap lebih reliabel dan efisiensi.


Refrensi

http://ardieferdicool.blogspot.com/2012/07/pengertian-ftp-file-transfer-protocol.html

             sekian dari saya bila ada salah kata saya mohon maaf sekian

                                   wasalammualaikum wr wb

Posting Komentar

0 Komentar