manfaat jaringan komputer di sebuah perusahaan

                                   Asalamualaikum wr wb

pendahuluan

halo gais bertemu saya lagi di blok saya ini yang insya Allah bermanfaat bagi kalian semua, saya di sini akan membahas tentang manfaat jaringan kompuer bagi sebuah perusahaan, sebelum kita ke pokok pembahasan kalian pasti ingin tau definisi jaringan kompuer silahkan klik di sini.




Latar belakan

karena ingin tau implementasi jaringan komputer di dunia kerja

tujuan

untuk menambah wawasan di bidang jaringan

pembahasan
manfaat jaringan komputer bagi perusahaan

manfaat jaringan kommputer bagi perusahaan- tentu saja jaringan koputer sangat bermanfaat untuk sebuah organisasi, perusahaan dan agensi akan memberi manfaat besar bagi kelangsungan organisasi. berikut ini adalah beberapa manfaat jaringan komputer bagi perusahaan, organisasi dan agensi:

1.memudahkan sharing file

manfaat pertama dari jaringan komputer untuk perusahaan, agensi dan organisasi adalah dapat membantu membuat file sharing menjadi lebih mudah.

ya pasti sebuah perusahaan memiliki banyak dokumen penting yang harus di lihat antara masing-masing divisi atau bagiannya.

dengan adaya manfaat jaringan komputer, tentunya proses sharing file dan dokumen menjadi lebih mudah dan juga prosesnya menjadi lebih singkat.

banyangkan anda sebagai bos, harus turun tangan untuk mengasihkan file dengan cara mencolokkan flasdisk ke pc kariawan anda secara satu per satu.maka akan sulit aku jamin itu.

karena itu, jiak menggunakan jaringan komputer, cukup dengan sekali klik, ,aka semua komputer yang terhubung ke jaringan bisa bisa mendapatkan akses ke file atau dokumen yang anda kirim.

2.menjaga data rahasia

jaringan komputer juga memiliki manfaat sebagai perlindungan dan juga keamanan data penting dari suatu organisasi atau perusahaan.

dengan menggunakan jaringan, terutama jaringan lokal, atau LAN, maka hanya komputer yang terhubung ke jaringan yang bisa membuka dan juga mengakses data.

tentu ini bisa menghindari kejadian yang tidak bertanggung jawab, seperti hacking dan hacking data, yang dapat membahayakan institusi organisasi atau perusahaan.

selain itu, memberi atau baerbagi file menggunakan jaringan komputer juga akan lebih aman, karena bisa menggunakan fitur email pribadi, dimana tidak ada orang lain yang tahu, yang tentu saja sangat aman.

3.memfasilitasi komunikasi antar divisi

komunikasi merupakan salah satu elemen penting yang dapat menjaga stabilitasdan juga keharmonisan suatu perusahaan, organisasi dan juga institusi agar tetap utuh dan tidak salah paham.

dengan menggunakan aplikasi sistem jaringan komputer, maka komunikasi antara divisi dan personal dalam lingkup organisasi atu agensi akan menjadi lebih mudah.

anda tidak harus ke gedung lain untuk memberi memo atau catatan penting. cukup ketikkan di komputer anda, lalu kirim ke alamat yang anda tuju dengan memanfaatkan jaringan, maka memo anda akan sampai ke tujuan anda.

4. mempercepat arus informasi

jaringan komputer juga bermanfaat bagi perusahaan yang baru berkembang, atau ingin mencapai puncak emas. ini karena dengan menggunakan jaringan komputer, maka arus informasi dalam satu perusahaan atau instansi dan juga organisasi akan semakin cepat berjalan.

dengan semakin meningkatkanya arus informasi ini, maka khursus ini akan dapat membantu meningkatkan kinerja suatu perusahaan, instansi dan organisasi.

dengan meningkatkanya kinerja suatu perusahaan atau organisasi, sudh pasti hal ini akan berdampak positif bagi kelangsungan hidup orgnisasi.

5.memfasilitasi akses data ke server

server merupakan elemen penting dalam jaringan komputer. dengan komputer server, semu data penting perusahaan atau agensi akan menjadi lebih mudah di akses.

server menyajikan data utama sebuah organisasi, jadi bagi siapa saja yang membutuhkan data penting itu, akan semakin mudah di akses.

misalnya, seorang bendahara HDR ingin data keluarga dari karyawanya, maka pada saat itu, bendahara akan dapat sangat mdah mengakses data yang ingin dicari karyawan, karena komputer yang dimilikinya sudah terhubung dengan server perusahaan.

6.penghemat biyaya

semua kebajikan yang di tawarkan oleh sistem jaringan komputer memberikan keuntungan yang tentunya sangat baik untuk kelangsungan hidup perusahaan, yakni penghemat biyaya oprasional.

meski biyaya membangun jarinagan komputer di dalam sebuah organisai, agensi dan perusahaan cenderung tinggi dan sangat mahal , namun hal ini sebanding dengan manfaat yang diberikan.

dengan adanya jaringan komputer, biaya transportasi pasti akan terpotong.

misalnya. ketika seseorang harus mengambil data dari kantor cabang di luar pulau, maka tanpa perlu mengeluarkan biaya perjalanan ke luar pulau, data bisa di dapat dengan sekali klik.

7.integrasi data

sistem jaringan komputer juga menawarkan integrasi data yang akan membantu mempermudah kerja banyak orang.

semua komputer yang sudah terhubung ke jaringan komputer dan juga komputer server akan memiliki fitur data yang terintegrasi.

hal ini tentunya dapat membantu menghemat biyaya, dan hak akses. selain itu, dengan integgrasi data, semua data yang ada dan tersimpan akan lebih up-to-date, dan tidak ada kesalahan dalam arti data yang ada.



Kesimpulan
jadi jaringan komputer memegang peranan besar untuk kemajuan sebuah perusahaan

refrensi

https://dosenkomputer.com/manfaat-jaringan-komputer-bagi-perusahaan/

   
                 sekian dari saya bila ada salah kata saya mohon maaf
                                   wasalamualaikum wr wb

Posting Komentar

0 Komentar