memahami dasar-dasar jaringan

                                 Asalamualaikum wr wb
pendahuluan

        hali semua saya di sini akan menyampaikan sedikit pengertian saya tentang dasar jaringan komputer, kalian ingin belajar jaringan komputer tetapi kalian belum faham tentang dasar-dasarnya, itu ibarat ingin membangun sebuah gedung yang tinggi tetapi pondasinya kurang baik.

Penyampaian

       Contoh Istilah Dasar-Dasar jaringan:

    • Jaringan Radio dan televisi : sekelompok pemancar yang dihubungkan oleh kawat atau microwave relay sehingga program yang sama dapat disiarkan oleh sebuah perusahaan atau organisasi yang menyediakan program-program yang disiarkan melalui stasiun ini
    • Jaringan Komputer dan Telekomunikasi adalah sebuah sistem yang mengandung kombinasi dari komputer, terminal komputer, printer, perangkat audio atau layar, visual atau telepon disambungkan dengan peralatan Telekomunikasi atau media transmisi baik berupa kabel maupun nirkabel untuk mengirim dan menerima informasi.
    • Jaringan atau Asosiasi individu-individu yang memiliki kepentingan bersama, dibentuk untuk memberikan bantuan timbal balik, informasi bermanfaat misalnya Jaringan Alumni perguruan tinggi
        
 Konsep Jaringan Dasar Komputer

Dalam dunia komputer, jaringan dasar adalah praktek menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer dalam suatu sistem jaringan secara bersama-sama untuk tujuan berbagi data. Jaringan dibangun atas dasar sistem jaringan komputer yaitu perpaduan antara perangkaat keras jaringan   komputer, perangkat lunak jaringan komputer dan protokol jaringan komputer.
Salah satu cara untuk mengkategorikan berbagai jenis desain jaringan dasar komputer adalah dengan ruang lingkup atau skala mereka. Untuk alasan historis, industri jaringan mengacu pada hampir setiap jenis desain dan Jenis area jaringan.

Contoh konsep jaringan dasar menurut lingkup dan skala antra lain adalah:

    • LAN – Local Area Network
    • WLAN – Wireless Local Area Network
    • WAN – Wide Area Network
    • MAN – Metropolitan Area Network
    • SAN – Storage Area Network, Sistem Area Network, Server Area Network, atau kadang disebut Small area Network (Jaringan skala Kecil)
    • CAN – Campus Area Network, Controller Area Network, atau kadang-kadang Cluster Area Network
    • PAN – Personal Area Network
    • DAN – Desk Area Network
kategori LAN dan WAN adalah konsep konsep dasar jaringan asli sementara yang lain muncul secara bertahap selama bertahun-tahun dalam evolusi teknologi.
Perhatikan bahwa jenis jaringan ini adalah konsep yang terpisah dari topologi jaringan komputer seperti bus, cincin dan bintang.

refrensi


https://jaringankomputer.org/jaringan-dasar-dan-konsep-dasar-dasar-jaringan/




penutup

 semoga bermanfaat bagi kalian semua sekian dari saya bila ada salah kata saya mohon maaf
                                             wasalamualaikum wr wb

Posting Komentar

0 Komentar