mengetahui sejarah jaringan komputer

                                                             asalamualaikum wr wb

pendahuluan 

        halo semua saya di sini akan shering mengenai sejarah jaringan komputer yang saya ketahui.

latar belakang

       untuk menambah wawasan mengenai sejarah komputer. sebelum beranjak

tujuan

       biar tau mengenai sejarah jaringan komputer

pembahasan

       sejarah jaringan komputer

             konsep jaringn komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer model I di laboratorium bell dan group riset harvad university yang di pimpin oleh profesor H.Aiken. pada awalnya proyek itu hanya ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus di pakai bersama. untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (batch processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengn kaidah antrian.
    di tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptalah super komputer, maka sebuah komputer memiliki mesti melayani beberappa terminal untuk itu di temukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (time sharing system),maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. dalam proses TTS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.
    memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat kompuet besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (distributed processing). dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri di setiap host komputer. data proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, ssemua host komputer wajib melayani terminal-termialnya dalam satu perintah dari komputer pusat.
    selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menagani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (peer to peer system) saja tanpa melalui komputer pusat. untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang di kenal dengan sebutan LAN. demikian pula ketika internat mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri muli berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa


kesimpulan

         jadi jaringan komputer itu di ciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusi, dan jaringan memiliki fungsi yang sangat banyak di kehidupan kita

refrensi

              https://christofel22.wordpress.com/jaringan-komputer/sejarah-jaringan-komputer/

   
                                sekian dari saya bila ada kesalahan saya mohon maaf sekian

                                                             wasalamualaikum wr wb

Posting Komentar

0 Komentar